Indonesia

NOSTALGIA GIRLBAND-GIRLBAND INDONESIA PADA JAMANNYA

Sekitaran tahun 2010 pertengahan, industri musik Indonesia melahirkan banyak artis-artis baru yang bisa disebut dengan boyband dan girlband. Kehadiran mereka itu tak lain dan tak bukan karena masuknya budaya Korea Selatan ke Indonesia. Karena lagi booming-boomingnya, membuat para produser dan beberapa management membentuk grup tersebut.

Sayangnya, ketenaran mereka berhenti begitu saja. Padahal waktu kemunculannya, mereka cukup dikenal oleh banyak orang dan banyak fans yang sudah terbentuk. Mungkin karena budaya Indonesia yang berbeda, membuat girlband dan boyband di Indonesia kembali meredup setelah beberapa tahun mereka naik daun.

Karena kemarin kita sudah bahas tentang boyband, kali ini giliran kita bernostalgia dengan para girlband Indonesia, masih ada yang ingat?

1. Cherrybelle

Cherrybelle merupakan pepolopor girlband di Indonesia yang beranggotakan oleh 9 orang. Banyak yang bilang bahwa Cherrybelle ini menirukan girlband Korea yaitu Girls Generation. Terlepas dari hal itu, Cherrybelle pun memiliki single-single yang enak di dengar loh. Gaya dan outfitnya yang sangat girly, sangat mencirikan identitas mereka.

Cherrybelle juga sempat berganti anggota dan kini sekarang grupnya sudah bubar. Kira-kira kemana ya mereka sekarang? Tapi walaupun begitu ada salah satu lagu yang paling teringat di benak kita yang berjudul ‘Dilema’ masih ingat kan?

2. 7Icons

‘Gak gak gak kuat… Gak gak gak Kuat, aku gak kuat sama playboy playboy’ hayo siapa yang masih ingat dengan lirik tersebut? lagu yang dibawakan oleh 7Icons ini menjadi single pertama mereka. Beranggotakan 7 orang, 7Icons ini memiliki gaya yang khas.

Mereka pun sempat membuat serial tv yang berjudul ‘Go Go Girls’ yang pernah tayang di TRANSTV. Namun kehadiran mereka ke industri musik Indonesia tak bertahan lama. Pada akhirnya di tahun 2014, mereka memutuskan untuk bubar. Sayang sekali ya…

3. JKT 48

Salah satu girlband yang masih ada hingga sekarang yaitu JKT 48. Girlband ini merupakan saudara dari girlband yang ada di Jepang yaitu AKB 48. Anggotanya sangat banyak bahkan mereka pun memiliki sub gurp juga. Single pertamanya yang berjudul Heavy Rotation pun sempat naik, ditambah gerakan mereka yang sangat energik.

JKT 48 juga punya banyak fans yang tersebar dari seluruh Indonesia. Girlband ini memiliki anggota sebanyak 48 dan setiap minggunya mereka selalu mengadakan pertunjukan di Theater JKT 48. Kostumnya yang sangat seragam, menjadi ciri khas dari girlband ini.

4. Blink

Blink merupakan salah satu girlband yang paling sederhana dan sangat bertalenta. Karena 3 dari 5 anggotanya itu merupakan lulusan dari Idola Cilik. Sementara 2 yang lainnya memang sudah memiliki bakat menyanyi dari kecil.

Suara yang mereka miliki memang sangat kuat, sehingga tak heran bila sampai saat ini membernya masih sering menyanyikan lagu bersama, walaupun grupnya sudah tidak ada. Pada awalnya salah satu anggota harus mengundurkan diri karena suatu hal dan membuat Blink menjadi berempat. Namun lama-lama grup ini pun mulai meredup dan akhirnya setiap anggotanya memilih untuk bersolo karir. Mereka pun sempat bermain sinetron berjudul ‘Putih Abu-Abu’

5. Princess

Dan yang terakhir ada Princess yang dinaungi oleh management Kevin Aprilio. Terbentuk pada tahun 2011 dengan single pertama berjudul ‘Jangan Pergi’ sukses membuat mereka dikenal oleh banyak orang. Namun pada akhrinya, di tahun 2014 girlband yang dianggotakan oleh 5 orang tersebut harus bubar.

Itulah 5 girlband yang dulu terkenal namun sekarang namanya sudah meredup. Sangat disayangkan bahwa kebanyak girlband dan boyband di Indonesia gak bertahan lama. Semoga mereka tetap sukses di jalannya masing-masing, amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *