Indonesia, Lagu

LAGU DAERAH BETAWI DAN MAKNA DI DALAMNYA

LAGU DAERAH BETAWI

Jika berbicara soal suku Betawi, apa yang ada di benak kita adalah Kota Jakarta. Suku yang satu ini memang pencampuran dari beragam suku di Indonesia yang akhirnua menjadi sebuah kelompok dari zaman penajajah. Dengan bahasa yang unik dan snangat kental, membuat kebudayaannya menjadi berubah dan dijadikan sebagai bentuk komunikasi suku tersebut.

Begitu pula dengan lagu daerahnya, lagu Betawi biasanya diiringi dengan musik dan sangat kental dengan sentuhan lagu budaya luar seperti Melayu dan Tiongkok. Iringan musik yang mengiri biasa disebut dengan tanjidor, mungkin sebagian orang sudah taka sing mendengarnya. Ciri lagu Betawi pun lebih mengedepankan makna humor sehingga siapapun yang mendengarnya bisa menyukai dan terhibur. Namun ada beberapa lagu juga yang bermakna tentang sindiran dari berbagai realita kehidupan.

Lagu Betawi pun identik untuk dinyanyikan oleh 2 orang antara wanita dan pria, mereka pun saling bersautan seperti layaknya sedang berpantun. Sehingga lagu-lagu ini akan menciptakan sensasi yang berbeda dengan lagu daerah budaya lain.

Untuk itu, kita akan bahas lagu-lagu dari Betawi serta ada makna apa sih dibaliknya!

1.Ondel-ondel

Seperti yang sudah semua tahu, bahwa Jakarta atau suku Betawi memiliki identitas Ondel-ondel. Ondel-ondel ini berupa kostum boneka yang sangat besar dan di bawakan oleh satu orang. Biasanya ondel-ondel ini akan keluar saat acara-acara tertentu. Ondel-ondel dipercaya bisa mencegah hal-hal buruk yang menimpa manusia.

Nah lagu ondel-ondel pun memiliki arti yang seperti itu, lagu ini cenderung sangat ceria dan siapapun yang mendengarnya berharap bisa ikut merasakan kebahagian juga.

2.Lenggang Kangkung

Meskipun terdapat kata sayuran pada judul lagu ini, namun makna yang sebenernya bukan tentang itu ya guys. Lenggang Kangkung ini mengisahkan tentang seseorang yang memiliki pasangan dengan sifat yang cerita, sehingga hubungannya selalu merasa bahagia dan ia pun sangat bersyukur atas semuanya. Ternyata hal itu gak berlangsung lama, karena pasangannya itu malah meninggalkannya dan malah memilih orang lain. Dan kesenangan dan kebahagiaan itu berubah menjadi kesedihan yang mendalam.

3.Surilang

Saat manusia melakukan 1 kesalahan, biasanya orang lain lupa akan kebaikan yang pernah dibuatnya. Sama seperti lagu ini, Surilang bermakna bahwa manusia adalah makhluk sosial yang sejatinya pasti membutuhkan orang lain. Dan manusia memiliki watak yang selalu mengingat akan sebuah kesalahannya tanpa memahami apa permasalahannya.

4. Jali-jali

Selain ondel-ondel, ada lagu juga lagu berjudul Jali-jali yang sangat terkenal. Lagu daerah yang satu ini memiliki alunana yang cerita yang mennceritakan tentang seseorang yang tidak terikat pada suatu hubungan. Jadi apapun bisa ia lakukan tanpa ada yang melarangnya. Bahkan orang tersebut bisa pergi kemanapun tanpa memikirkan perasaan orang lain yang mengkhawatirkannya. Lagu ini merupakan lagu kebebasan dan sering di dengarkan oleh banyak orang.

5.Keroncong Kemayoran

Kali ini beralih ke lagu romantic yang di populerkan oleh Benyamin Sueb, seorang aktor senior yang terkenal. Meskipun lagu romantis, namun ternyata ada kesedihan dibaliknya karena mengisahkan tentang pasangan yang harus berpisah. Namun mereka selalu berharap dan berdoa akan dapat dipersatukan kembali. Keroncong Kemayoran ini sangatlah easy listening dan akan memberikan perasaan yang tenang ketika mendengarkannya.

Itu dia 5 lagu daerah Betawi yang wajib kita lestarikan. Budaya ini pun harus tetap ada dan menjadi warisan dari negara Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *