Lagu

LAGU-LAGU DAERAH PAPUA

Lagu Daerah Papua

Kebudayaan Negara Indonesia sangatlah kaya dan besar, hal itu tak bisa dipungkiri lagi karena memang Indonesia terdiri dari ribuan pulau. Setiap pulau punya budayanya masing-masing, mulai dari bahasa, suku, ras, kebiasaan, adat, kuliner, baju adat, hingga lagu-lagu daerahnya.

Yang bakal kita bahas kali ini yaitu budaya Papua. Papua merupakan pulau dengan ukuran kedua terbesar setelah Pulau Kalimantan. Di Papua ini, kita bisa menemukan banyak kekayaan, tak hanya kekayaan alam saja, namun Papua juga memiliki budaya yang cukup kuat. Berbicara soal budaya Papua, pastinya kita sudah gak asing dengan beberapa lagu daerahnya yang dulu ketika SD sering kita nyanyikan.

Lagu-lagu daerah Papua ini memang easy listening dan juga mudah dihafal karena liriknya yang unik. Bukan sekedar lagu daerah saja, tapi lagu-lagu Papua ini memiliki makna dan banyak cerita dibaliknya. Untuk itu kita akan bahas satu persatu untuk kalian..

1.Yamko Rambe Yamko

“Hee yamjo rambe yamko, aronawa kombe” pasti kalian sudah tidak asing dengan lagu ini kan? lagu ini liriknya tak banyak bahkan hanya di ulang-ulang saja, tapi apakah kalian tahu apa makna dari lagu ini?

Yamko Rambe Yamko mengisahkan kesedihan yang cukup dalam saat terjadi perpecahan antara Pupua dan Indonesia. Pada saat itu juga Papua harus berpisah dari bagian Indonesia. Hal itulah yang banyak menimbulkan konflik atas kejadian di tahun 1932. Lirik itu ditulis atas perasaan yang dirasakan oleh tanah Papua dan memiliki arti yang mendalam yaitu tentang perpisahan dengna Indonesia dan banyaknya pahlawan yang gugur pada waktu itu.

2.Sajojo

Ketika mendengar lagu Sajojo, mungkin kalian akan berpikir bahwa lagu ini adalah lagu yang gembira. Lagu ini juga sering kali dijadikan backsound untuk acara-acara tentang kebudayaan Indonesia yang selalu ditampilkan dengan tarian khasnya. Setia pada tamu yang datang ke Papua pun, akan disambut dengan lagu ini.

Dibalik lagu Sajojo ini ternyata ada kisah menarik yaitu tentang gadis cantik yang sangat disayang oleh orang tuanya. Kecantikannya itu membuat dirinya menjadi kembang desa dan banyak dincar oleh para pemuda disana. Dan ada salah satu pemuda yang menulis lirik lagu ini sebagai tanda cinta terhadap gadis cantik tersebut

3.Apuse

Apuse merupakan lagu daerah Papua yang memiliki makna yang cukup dalam. Lagu ini diciptakan oleh seorang musisi asal Jayapura. Inti dari lagu ini menceritakan bahwa ada seorang cucu yang hidup dan tinggal bersama kakek dan neneknya. Namun suatu saat, ia harus ijin berpamit untuk merantau ke Manokwari.

Liriknya ini menceritakan bagaimana kakek dan neneknya yang sangat mengkhawatirkan cucunya dan menggambarkan kesedihan yang di alami oleh kakek dan neneknya. Karena Manokwari merupakan salah satu tempat yang banyak disinggahi oleh orang perantau.

4.E Mambo Simbo

Lagu daerah ini sangatlah simple hanya dengan 2 kalimat saja. E Mambo Simbo menceritakan tentang kebahagiaan sebagai rasa ungkap syukur karena Papua memiliki alam yang sangat indah. Lagu ini diiringi dengan gitar dengan suasanya yang gembira.

Pada awal mulanya, lagu ini menceritakan tentang seorang ayah yang sedang mencari anaknya yang hilang bernama Mambo dan pada akhirnya, ia ditemukan di tengah hutan. Ketika sudah bertemua, kebahagiaan keduanya pun disalurkan lewat lagu ini.

Itulah 4 lagu-lagu daerah dari Papua, semoga generasi kita bisa mengenali lebih dalam berbagai macam budaya tak hanya dari Papua saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *